Ohayou

Do what you can, for who you can, with what you have, and where you are :)

Sabtu, 28 Desember 2013

Streptococcus thermophilus, bakteri fermentasi yang multiperan


Streptococcus thermophilus


Bakteri asam laktat apa yang multiperan ? Sudah tentu Streptococcus thermophilus. Streptococcus dikenal sebagai salah satu bakteri asam laktat yang cukup penting. Merupakan bakteri gram-positif yang bersifat anaerob. Streptococcus thermophilus banyak digunakan pada pembuatan yoghurt, keju, dan fermentasi makanan. Walaupun mungkin memang benar bahwa Streptococcus thermophilus secara fisiologis dan biokimia kurang fleksibel daripada bakteri asam laktat lainnya, kenyataannya adalah bahwa mikroorganisme ini sebenarnya sangat serbaguna. Penelitian selama dua dekade terakhir telah mengungkapkan bahwa Streptococcus thermophilus memiliki sifat yang membuatnya salah satu yang paling komersial dan penting dari semua bakteri asam laktat. Saat ini, banyak sekali produk olahan susu yang bergantung pada Streptococcus selain Lactobacillus (tentunya) dan probiotik lain dalam pembuatannya. Akan tetapi, Streptococcus thermophilus ini bukan merupakan probiotik karena tidak bisa bertahan hidup di dalam perut manusia.

Mengapa disebut sebagai thermophilus ? Struktur sel pada bakteri ini membuatnya dapat bertahan meskipun terjadi peningkatan suhu. Itulah sebabnya dinamakan thermophilus. Ini bagus, karena memang proses industri pada produk olahan susu biasanya memerlukan temperatur yang tinggi. Bakteri ini juga tidak memiliki banyak gen yang mengandung permukaan protein. Permukaan protein biasanya digunakan oleh bakteri jahat untuk menyerang jaringan mukosa dan berlindung dari sistem pertahanan tubuh kita.

Bakteri Streptococcus thermophilus ini juga digunakan sebagai starter kultur bagi makanan olahan susu lainnya, misalnya saja pada keju mozzarella. S. thermophilus memfermentasi gula terutama menjadi asam laktat, dan karena itu ia termasuk golongan bakteri asam laktat. la merupakan salah satu dari dua bakteri yang dibutuhkan untuk memproduksi yogurt dan susu fermentasi lainnya, dan memiliki peran penting terutama dalam pembentukan tekstur dan citarasa yoghurt. Citarasa yoghurt itu disebabkan timbulnya asam laktat, asam asetat, karbonil, asetaldehida, aseton, asetoin, diasetil, dan lain-lain. Streptococcus thermophilus juga menghasilkan exopolysaccharides. Ini penting untuk tekstur produk susu fermentasi dan juga untuk produksi rendah lemak suatu produk susu.

Strain bakteri yang berbeda menghasilkan keju dengan karakteristik yang berbeda. Misalnya, menghasilkan keju cheddar kelembaban rendah dengan tingkat minimal kepahitan, baik untuk keju cheddar sangatringan. Namun, dengan menggabungkan strain bakteri dengan karakteristik yang bervariasi, kualitas tinggi, rendah lemak, keju cheddar yang rendah lemak dapat diproduksi sangat mirip dengan cheddar yang penuh lemak.

Kalian tahu ? Ternyata Streptococcus thermophilus selain memiliki manfaat dalam bidang industri pembuatan yoghurt maupun olahan makanan fermentasi, bakteri ini juga memiliki manfaat dalam bidang kesehatan lho ! Mau tau apa saja manfaatnya? Ini dia…
Bakteri Streptococcus bermanfaat untuk meredakan gejala intoleransi laktosa, menurunkan asam lambung, dan gangguan pencernaan lainnya. Streptococcus thermophilus menghasilkan ATP (adenosin trifosfat) dari respirasi serta menghasilkan senyawa nitrogen dari hidrolisis protein susu.
Selain itu, kemampuan alami Streptococcus thermophilus untuk mencegah transformasi nitrat menjadi nitrit penyebab kanker. Satu strain yang mengalami penelitian yang menarik adalah Streptococcus thermophilus TH-4. Kemoterapi sering menyebabkan mucositis usus, peradangan parah terutama usus kecil yang bisa berakibat fatal. Meskipun ada berbagai perawatan untuk kondisi ini, mereka sering tidak bekerja. Sebuah studi 2009 di Adelaide, Australia telah menunjukkan hasil yang sangat positif ketika Streptococcus thermophilus TH-4 digunakan untuk mengobati tikus dengan mucositis yang disebabkan oleh obat kemoterapi. Tikus menanggapi pengobatan dengan menunjukkan normalisasi fungsi sel yang sehat di daerah yang terkena dampak dan penurunan yang signifikan dari marabahaya ke jaringan dari usus. 

Sebagian penelitian terus memproduksi strain Streptococcus thermophilus yang beragam, kegunaan dalam hal ini tampaknya terbatas. Efek pada pencernaan dan kesehatan secara keseluruhan sudah banyak di dokumentasikan. Manfaat bakteri ini kepada pasien kanker yang menjalani kemoterapi sedang dipahami dan diteliti mulai sekarang. Suplemen yang terbuat dari bakteri S. thermophilus telah mempertahankan tingkat pertumbuhan yang stabil pada anak-anak. Anak-anak yang menerima suplemen S. thermophilus memiliki pertumbuhan yang lebih baik selama periode 6 bulan dibandingkan dengan anak yang tidak menerima suplemen. Streptococcus thermophilus strain juga mengurangi risiko AAD (antibiotik diare terkait), masalah diare yang ditimbulkan dari penggunaan antibiotik. Antibiotik dapat memiliki efek yang merugikan dari menghancurkan bakteri menguntungkan dan menyebabkan bakteri berbahaya untuk berkembang biak, yang dapat menyebabkan diare. Orang dewasa yang makan yoghurt mengandung Streptococcus thermophilus, saat dirawat dengan menggunakan antibiotik memiliki tingkat kemungkinan terkena penyakit diare yang lebih rendah.

Nah, sudah tahu kan apa saja peran dan manfaat dari bakteri fermentasi yang satu ini? Hoho 
Banyak bukan ? ;)  



30 komentar:

  1. menarik banget artikelnya ,, hehhehee menurut blog nya http://echievitanovita.blogspot.com/2011/11/tugas-mikrobiologi-pertanian-tentang.html ternyata Bakteri ini bukanlah probiotik karena tidak bertahan hidup di perut
    S. thermophilus memiliki bentuk sel yang bulat atau elips dengan diameter 0,7-0,9 run, tumbuh secara berpasangan atau berbentuk rantai pendek. Suhu pertumbuhan optimum untuk S. thermophilus adalah 37-42°C.

    BalasHapus
  2. artikelnya cukup menarik, jd tau kalau Streptococcus thermophilus bukan bakteri probiotik dulu sih masih berasumsi kalau smua bakteri jenis Streptococcus yang digunakan dalam minuman kesehatan seperti ya*ult adalah bakteri probiotik

    BalasHapus
  3. sependapat dengan lala, dulu juga beranggapan seperti itu. Subhanallah ya ternyata banyak sekali manfaat dari bakteri yang satu ini. saya setuju dengan dengan artikel ini, saya juga baca di http://www.naturalwellbeing.com/learning-center/Streptococcus_Thermophilus, bahwa Tidak ada efek samping dalam mengkonsumsi makanan dan minuman yang memiliki Streptococcus thermophilus. Bahkan ibu hamil dan menyusui disarankan untuk makan yoghurt dan minum susu yang diperkaya dengan bakteri menguntungkan. Beberapa orang yang baru saja mengambil makanan yang diperkaya dengan Streptococcus thermophilus memiliki gejala ringan sakit perut dan gas. Ini adalah efek samping hanya kecil dan hanya hadir pada asupan awal produk makanan dikatakan dan akan hilang dengan waktu. Anak-anak didorong untuk minum susu dan makan yoghurt dengan Streptococcus thermophilus. Streptococcus thermophilus juga dapat bertindak sebagai pengganti susu bagi penderita intoleransi laktosa.

    BalasHapus
  4. Ternyata Selain bakteri Lactobacillus, dalam pembuatan Yoghurt digunakan juga satu bakteri baik lainnya, yaitu Streptococcus Thermophilus. Bakteri satu ini juga digunakan sebagai starter kultur bagi makanan olahan susu lainnya, misalnya saja pada keju mozarella, dulu saya mengira streptococcus ini merupakan bakteri yang merugikan tapi ternyata sekarang dugaan saya salah setelah membaca artikel ini, dan juga referensi-referensi lain dari http://www.amazine.co/24068/4-jenis-bakteri-dalam-yogurt-serta-manfaat-kesehatannya/ dan juga referensi dari http://www.activia.co.id/lifestyle-33
    ternyata banyaaaaaaaak sekali loh teman-teman manfaatnya. Subha...naallah Allah memang tau apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan salah satunya ya ini Allah menciptakan bakteri-bakteri yang kegunaan dan peranannya sangat banyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaak sekaliiiii, dari mulai yang menguntungkan yang tadinya tidak disangka-sangka ternyata peranannya hmmm banyaaaaaaaaak sekali, Terimakasih destina telah menambahkan kotak informasi di dalam otak saya :)

    BalasHapus
  5. ini dia ada lagi jenis bakteri yang multiperan seperti pada bakteri nya ayuuu . terutama buat manusia yang bisa menurunkan asam lambung. jika jenis bakteri ini bisa menurunkan asam lambung apakah penyakit magh dapat disembuhkan secara total? dan apakah jenis obat yang dihasilkan dari bakteri ini? terimaksih atas infonya destina sri yono karena dari artikel ini saya dapat ilmu yang bermanfaat :)

    BalasHapus
  6. setuju dengan penulis, artikelnya menarik dan lengkap infonya :D

    BalasHapus
  7. Assalam, nyampek juga di blog ibu PJ mikro. memang benar-benar jiwa mikro banget deh. info aja yah kaka bahwa Streptococcus thermophilus
    juga menghasilkan exopolysaccharides yang juga digunakan dalam tekstur produk susu fermentasi dan juga untuk produksi rendah lemak produk susu. http://id.scribd.com/doc/72540169/Makalah-Streptococcus-Thermophilus terima kasih

    BalasHapus
  8. wah Bakteri Streptococcus thermophilus ini banyak bangeet ya manfaatnya terhadap sistem pencernaan dan kesehatan kita, menjadikan streptococcus sebagai salah satu bakteri baik yang dibutuhkan dalam industri kesehatan. makasih ya bu PJ atas info bakteri Streptococcus thermophilus, semoga bu Pj jadi guru sukses dan sholehah amiin :)

    BalasHapus
  9. destina artikelnya lengkap, banyak banget ya manfaat dari Streptococcus thermophilus.. saya rasa tambahannya sudah dipaparkan oleh teman-teman di atas :)

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum desti.. sangat lengkap sekali artikelnya ya :D . sedikit tambahan, bakteri di yoghurt (Streptococcus thermophilus) ini ternyata bermanfaat juga dalam dunia kecantikan yaitu membantu merevitalisasi kulit karena mengandung vitamin B-kompleks, di antaranya vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B6 (piridoksin), asam folat, asam pantotenat, dan biotin. terimakasih sumber : http://infomanfaat.com/530/manfaat-yogurt-untuk-kaum-hawa/kesehatan

    BalasHapus
  11. Saya suka yoghurt dan itu berarti bateri ini sudah banyak di dalam tubuh saya :D artikel yang menarik dan menambah pengetahuan. terimakasih destina saya setuju dengan artikel anda :)

    BalasHapus
  12. Subhanallah, sepertinya manfaat dari bakteri ini bener2 multi peran, dari mulai bidang kesehatan, industri makanan, pengobatan seperti ini bakteri yang benar2 sangat menguntungkan. Selebihnya saya sependapat dengan penulis artikel ini terimakasih informasinya :)

    BalasHapus
  13. Subhanallah, memang sepertinya kehidupan kita ini sangat dibantu dengan bakteri. Apalagi bakteri Streptococcus ini yah, sangat setuju dengan apa yang sudah diuraikan oleh author..

    BalasHapus
  14. Nice article mbaee ^^
    mdh2an ini bsa mndukung artikel anda hehe
    http://rifahatulmahmuda.blogspot.com/2013/12/bakteri-lezat-streptococcus-thermophilus_987.html

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum..
    setelah membaca artikel ini serta beberapa tambahan dari teman2, jadi saya dapat menyimpulkan ternyata bakteri ini mempunyai banyak manfaat ya dibanding kerugiannya.. bagus artikelnya menambah pengetahuan bagi para pembacanya :)
    Thanks (y)

    BalasHapus
  16. bermanfaat sekali artikelnya, menambah pengetahuan saya ternyata bakter S.thermophillus ini tak hanya berperan dalam pengolahan susu yah ternyata bermanfaat juga untuk menurunkan asam lambung, mengingat banyak sekali masyarakat Indonesia contohnya seperti saya yang seringkali mengalami gejala asam lambung.. hal tersebut menggugah saya untuk lebih mengetahui manfaat dari bakteri ini. terima kasih :)

    BalasHapus
  17. Ya, setuju dengan penulis apabila Streptococcus ini dianggap sebagai bakteri multiperan. Dari 1 perannya sebagai agen fermentasi dalam pembuatan yoghurt saja bisa diuraikan lagi. Ya, seperti kita tahu, yoghurt pun memiliki banyak manfaat. Jadi, gak akan ada habisnya ya kalau mengkaji manfaat dari bakteri ini hehehe
    mungkin artikel ini bisa menambah informasi tentang manfaat yoghurt yang tadi saya sebutkan: http://health.detik.com/read/2013/06/04/071229/2263898/766/ini-dia-10-manfaat-sehat-yoghurt

    Thankyou! :)

    BalasHapus
  18. Assalamualaikum setelah saya membaca tentang artikel ini saya tertarik dengan kalimat "Struktur sel pada bakteri ini membuatnya dapat bertahan meskipun terjadi peningkatan suhu. Itulah sebabnya dinamakan thermophilus." apakah yang terjadi pada produk yogurt jika bakteri Streptococcus ini berada di lingkungan yang dingin?? , tapi info dari artikel ini menambah wawasan saya tentang bakteri yang eksis di minuman , terimakasih :)

    BalasHapus
  19. Menarik sekali artikelnya juga bakteri yang dibahas didalamnya, perannya yang banyak sekali itu telah dijabarkan dengan lengkap oleh destina dan teman teman lainnya , terimakasih yaa semoga bisa menambah wawasan saya
    saya ;)

    BalasHapus
  20. Artis harus mncontoh bakteri satu ini, Streptococcus thermophilus yang multiperan haha
    Setuju sma mba destina, bakteri ini mmg multiperan sekali.. terutama kerja smanya dg Lactobacillus bulgaricus dlm pmbuatan yoghurt.. Lactobacillus bulgaricus lebih berperan pada pembentukan aroma, sedangkan Streptococcus thermophilus lebih berperan pada pembentukan citarasa yoghurt..
    terima ksh mba destinaa, di mana2 bekerja sma itu memang indah hehe
    referensi http://sondix.blogspot.com/2013/12/pembuatan-susu-fermentasi.html

    BalasHapus
  21. Assalamu'alaikum teman-teman yang berbahagia karena liburan telah datang hoho
    Terima kasih atas partisipasinya dalam memberikan komentar maupun tambahan-tambahan dalam artikel saya.
    Kalau ada pertanyaan dan mungkin sanggahan saya menjawabnya nanti saja ya, soalnya nyari referensi lain dulu untuk menjawab hehehe
    Overall tambahan kalian keren-keren, bisa menambah referensi saya juga.
    Thanks all, wish you luck everywhere :D

    BalasHapus
  22. wah ternyata bakteri S. thermophilus memiliki peranan ya dalam pembentukan tekstur dan citarasa yoghurt ya, S.thermophilus merupakan bakteri yang paling komersial dari semua bakteri yang penghasil asam laktat, sehingga rasa dari yogurt tersebut menjadi asam. bagus des artikel km.. aq liat di http://blogs.unpad.ac.id/riskyadipradana

    BalasHapus
  23. setelah membaca artikelnya dan komentar-komentar dari teman teman bahwa Streptococcus thermophilus ini sangat banyak manfaat khususnya untuk tubuh manusia. terimakasih desti artikelnya menambah ilmu pengetahuaanku

    BalasHapus
  24. Terimakasih Destina SY dan teman-teman yang telah berkomentar karena dapat menambah wawasan saya tentang S.thermophilus. banyak sekali manfaat dari bakteri ini.

    BalasHapus
  25. Artikel yang bermanfaat. Menambah wawasan bagi saya mengenai bakteri. Setelah membaca artikel ini, saya berkesimpulan bakteri Streptococcus thermophilus merupakan bakteri asam laktat, yang peranannya tidak jauh dari kelompok bakteri lactobacillus dan Pediococcus yang umumnya berperan dalam memfermentasikan makanan.

    BalasHapus
  26. Artikelnya bagus kaka, lengkap, disertai gambar jadi lebih jelas. wah teryata Streptococcus thermophilus banyak juga ya manfaatnya bertambah lagi pengetahuan ku. trimakasih ya destina artikelnya, dan teman-teman info-info lainnya. kalian luar biasa :D

    BalasHapus
  27. wah, terimakasih atas artikelnya. menambah pengetahuan banget kak'
    lengkap.

    BalasHapus
  28. zin share, semoga sukses :
    http://pengobatandarahtinggi.greenworldglobals.com/
    http://obatkelenjartiroid.utamakansehat.com/
    http://obatasamurat.utamakansehat.com/
    http://obatamandel.utamakansehat.com/
    http://obatkelenjargetahbening.utamakansehat.com/
    http://obatgondok.utamakansehat.com/
    http://obatkolesterol.utamakansehat.com/
    http://obatgagalginjal.utamakansehat.com/
    http://obatbatuginjal.utamakansehat.com/
    http://obatherpes.utamakansehat.com/
    http://obattumor.utamakansehat.com/
    http://obatkista1.utamakansehat.com/
    http://obattbc1.utamakansehat.com/
    http://obatradangsendi1.utamakansehat.com/
    http://pengobatanwasir.utamakansehat.com/
    http://obatinfeksitelinga.utamakansehat.com/
    http://obatwasir.utamakansehat.com/
    http://obatpenyakithernia.utamakansehat.com/
    http://obattumorpayudara.utamakansehat.com/
    http://obatkelenjargetahbening.utamakansehat.com/obat-stroke/
    http://obatkolesterol.utamakansehat.com/obat-penyakit-batu-ginjal/
    http://pengobatandarahtinggi.greenworldglobals.com/cara-mengobati-penyakit-rematik/
    http://obatkista1.utamakansehat.com/obat-penyakit-wasir/

    BalasHapus
  29. https://tmblr.co/ZcaPoj2BkA5WZ
    https://tmblr.co/ZcaPoj2BkBsuV
    https://tmblr.co/ZcaPoj2BkKQCs
    https://java.net/people/1214494-khairyayman
    https://java.net/people/1214497-radwaayman
    https://challenges.openideo.com/profiles/1119874714489381863241486229946090

    BalasHapus
  30. Kalau rumus molekul streptococcus thermophylus apa kak?

    BalasHapus